Video Pembelajaran

Diberdayakan oleh Blogger.
Informasi Seputar Kejar Paket:
Home » , , , , » Penilaian AKM Pada Pengganti UN ( Ujian Nasional )

Penilaian AKM Pada Pengganti UN ( Ujian Nasional )

Berdasarkan Surat Edaran (SE) MENDIKBUD Nomor 1 Tahun 2021 kembali pelaksanaan UN ditiadakan yang diganti dengan AKM yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. 

Dari paparan di atas dapat digambarkan bahwa kelulusan dikembalikan kepada sekolah dengan metode dan kerangka mekanisme yang telah ditetapkan, untuk di PKBM Kreatif, pelaksanaan AKM dilakukan dengan 2 sistem, yaitu Online dan Offline. 

  1. Pilihan offline yaitu dengan memberikan modul pembelajaran yang standarisasinya berdasarkan kementrian, dan dilakukan asesmen dari penguasaan mudul tersebut, disamping itu juga dilakukan asesment final yang jadwalnya seperti UN.
  2. Untuk pilihan Online ( diperuntukkan di luar daerah dan negeri ) AKM dilakukan tetap melakukan pembelajaran bersifat Muduler secara softcopy yang akan diukur pencapaiannya melalui ujian yang diberikan juga secara Online.

Dari kedua ini yang akan menentukan penilaian kelulusan dari Warga Belajar di PKBM Kreatif, sehingga kompetensi keilmuan yang berkaitan dengan AKM yaitu menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Komentar di PKBM Kreatif, Jika belum terpublish, silahkan chat langsung ke Nomor WA yang tercantum di WEB ini,
Salam Hangat

#